Hidrogen - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Hidrogen


Hydrogen[H]
Nomor atom      : 1 Neutron: 0
Massa Atom     : 1,00794 g/mol
Kolompok No    : 1
Nama Grup       : Non logam
Blok                 : s-blok Periode:1
Keadaan Fase  : gas pada 298K
Warna              : berwarna
Titik Didih         : 20,268K
Titik cair           : 14,01K
Massa Jenis     : 0,08988g/cm3

Informasi penemuan:
Penemu           : Henry cavendish
Tahun              : 1766
Negara            : Inggris
Asal Nama      : Yunani, Hudor(air) dan Gennen(menghasilkan)

Sumber:

Ditemukan terutama berkombinasi dengan Oksigen dalam bentuk air, juga ditemukan di lokasi tambang dan sumur minyak (gas). Bintang memilikipasokan Hidrogen yang tak terbatas dan dari alam semesta. Hidrogen merupakan unsur yang paling berlimpah karena membentuk 75% dari massa alam semesta. Produksi Hidrogen di dunia setiap tahunnya sekitar 350milyar meter kubik.

Kelimpahan:

Alam semesta             : 7,5 x 105 ppm(berat)
Matahari                     : 7,5 x 105 ppm(berat)
Karbon Meteorit          : 24.000 ppm(berat)
Kerak bumi                 : 1.500 ppm(berat)
Air laut                       : 107,800 ppm(berat)
Manusia                     : 1x108 ppb(berat)
  6,2 x 108 ppb(atom)
Sejarah:

Gas Hidrogen[H2], pertama kali diproduksi dan diperkenalkan oleh T. Von Hohenheim (dikenal Paracelsus, 1493-1541) dangan cara mencampurkan logam dengan asam kuat. Namunia tidak memperhatikan bahwa reaksi ini akan mengharilkan gas yang mudah terbakar dan merupakan unsur kimia yang baru. Pada tahun 1671, Robert Boyle Meneliti ulang dan mendeskripsikan reaksi dari serbuk besi dan cairan asam, yang menghasilkan gas Hidrogen. Pada tahun 1766, Henry cavendish menjadi orang yang pertama mendeskripsikan bahwa gas hidrogen merupakan unsur tersendiri, dengan mengidentifikasi gas hasil reaksi logam dan asam dalam kondisi udara bebas oksigen dan kemudian lebih jauh gas tersebut menghasilkan air(H2O) saat terbakar. Cavendish melakukan kesalahan ketika mereaksikan antara asam dengan raksa. Walaupun Ia salah mengasumsikan bahwa gas hidrogen ialah komponen yang dilepaskan oleh Raksa bukan dari Asam namun dia dapat dengan tepat mendeskripsikan sifat-sifat gas hidrogen. Pada tahun 1783 Antonie Lavoisier memberi nama gas Hidrogen ketika ia (dan Lapalace) mengulangi percobaan Cavendish dan menemukan bahwa Air dihasilkan ketika Hidrogen terbakar.

Penggunaan

Penggunaan Hidrogen pertama kali ialah sebagai pengisi balon udara kemudian Kapal udara. Penggunaan hidrogen sekarang ini juga mencakup: digunakan dalam produksi hidrogen  klorida(HCl) dan  bromida (HBr) dari hidrogenasi minyak nabati; hidrorengkah, hydroforming dan hydrofining minyak bumi ; las-atom hidrogen; instrumen-membawa balon; bahan bakar roket, dan riset kriogenik. kedua isotopnya, deuterium (D) dan tritium (T), masing-masing untuk digunakan fisi nuklir dan fusi sel bahan bakar hidrogen sedang diselidiki sebagai sumber daya mobile dengan emisi lebih rendah dari pembakaran hidrogen-mesin pembakaran internal. Emisi rendah dari hidrogen pada mesin pembakaran internal dan sel bahan bakar saat ini diimbangi oleh polusi yang diciptakan oleh produksi hidrogen. Ini dapat berubah jika jumlah besar  listrik yang diperlukan untuk elektrolisis air dapat dihasilkan terutama dari sumber pencemaran yang rendah seperti energi surya atau angin.  Penelitian sedang dilakukan pada H sebagai pengganti bahan bakar fosil

Catatan
Pada suhu dan tekanan standar , hidrogen ada sebagai gas diatomik, H 2, dengan titik didih dari 20,27 K, dan titik leleh dari 14,02 K.bawah tekanan yang ekstrim, seperti di pusat raksasa gas, molekul kehilangan mereka identitas dan hidrogen menjadi sebuah logam (hidrogen metalik).Di bawah tekanan yang sangat rendah di ruang - ruang hampa hampir - elemen cenderung atom eksis sebagai individu, hanya karena secara statistik tidak mungkin bagi mereka untuk menggabungkan. Sebuah properti yang unik hidrogen adalah nyala api yang hampir tak terlihat di udara .

Bahaya
Hidrogen adalah, hambar tidak berwarna, gas berbau dan sangat mudah terbakar, juga merupakan unsur kimia ringan.

1 comments:

Woiii....
ada yg gnti template nih kaya'x....
mantab sobat.... aku suka nih templatenya..

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top