About Hati - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

About Hati


Suatu malam, beberapa hari lalu entah mengapa Aku mnangis.. Yahh.. Aku meneteskan air mata... Entahlahh.. Menerutku Tangisan itu datang dari lubuk hatiku yang ter-amat dalam..

Terkadang hati itu begitu lembut hingga selembut kapas, namun di saat lain hati ini bisa menjadi keras bahkan hingga sekeras baja..

Sebagai seorang anak manusia yang mengalami proses pencarian jati diri yang panjang, Aku pernah merasakan betapa hatiku keras bagaikan batu. Yahh.. Ini tentang masa laluku tentang masa yang labil..... SMP menjadi saksi bisu Kebodohan dan Kesombonganku. Aku telah merasa menjadi yang paling pintar, yang paling banyak teman dan yang mampu berprestasi.. Namun di sisi lain aku merasakan bahwa ada yang kosong dalam hidupku. hmm..yahh..  Aku terlalu sering meninggalkan sholat, aku bahkan sangat jarang melantunkan Ayat-ayat Allah. Ya Allah.. Aku hampir melupakan Agamaku. Aku menyadari ada yang tak beres padaku, Aku tak pernah menangis, bahkan dalam acara-acara muhasabah-pun aku tidak menangisi kesalahanku.. Ini sama sekali tidak membuktikan betapa kuatnya aku, namun ini menjadi menjadi indikator bahwa hatiku telah membatu. yahh.. membeku, keras tak ubahnya batu yang memberatkan dadaku.
Apa penyebabnya??
Dari buku  al-Buka' min Khas-yatillah, hal. 18-33 karya Ihsan bin Muhammad al-'Utaibi diantara penyebab hati ini menjadi keras adalah:
  • Berlebihan dalam berbicara
  • Melakukan kemaksiatan atau tidak menunaikan kewajiban
  • Terlalu banyak tertawa
  • Terlalu banyak makan
  • Banyak berbuat dosa
  • Berteman dengan orang-orang yang jelek agamanya 
Yahh.. Keenam penyebab hati itu sering sekali kulakukan.. aku ingin sekali dapat menangis saat menyadarinya, namun benar-benar tak setetspun air mata yang aku teteskan...

Renaissance

Ketika menyadari bahwa hati ini telah membatu, aku mengikuti kajian-kajian.. Dengan harapan dapat melembutkan kembali hatiku..  Diantara hal-hal yang harus dilakukan agar hati ini menjadi lembut ialah:

mengerjakan sholat lima waktu, mengurangi bercanda dan berkumpul dengan orang-orang yang memikirkan dunia saja, dan Ber'doa..
yah suatu malam saya muhasabah diri.. saya mendapati hati saya benar-benar keras hanya untuk mengeluarkan setetes saja air mata.. Kemudian say memohon kepada Allah:
" Sesungguhnya terlalu banyak dosa yang hamba lakukan, terlalu banyak kewajiban yang hamba tinggalkan makan ampunilah hamba ya Allah..Ya Allah lembutkanlah hati hambaMu ini..sebagaimana Air yang dapat mengikis batuan.. Ya Allah jika hati ini terlalu keras untuk dapat mengenalMu Ya Allah.. Berikanlah hamba hati yang baru Ya Allah.. Hati yang lembut, yang dengannya hamba dapat terus mengingatMu"
doa ini diajarkan ole seorang trainer ESQ.. Luar biasa sekali seorang trainer ini.. aku sangat berterimakasih atas semua yang ia ajarkan.. semoga ia dalam keadaan sehat wal afiat..


Semoga Allah senantiasa menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam

best regard,
Huda

3 comments

hati adalah poros sikap, luar biasa ... teruskan pencarian jati dirimu kawan!

moeslem: YA.. Hati itu RAJA dari seluruh tubuh...

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top