green chemistry - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

green chemistry


Green Chemistry adalah suatu falsafah dan konsep yang mendorong industri untuk melakukan clean n clean production. Memaksimalkan hasil dan mereduksi limbah seminimal mungkin. Dalam pandangan konsumen kemudian Green Chemistry berarti kesadaran penuh atas penggunaan bahan-bahan kimia dengn memperhatikan dampak yang ditimbulkan oleh bahan tersebut. berikut 12 prinsip dasar dari konsep green chemistry:
1. Pencegahan(preventiv)
Lebih baik untuk mencegah (terbentuknya) limbah daripada mengobati atau membersihkan sampah setelah telah dibuat.
2. Nilai Ekonomi(Atom Economy)
Metode sintetis seharusnya didesain untuk memaksimalkan penggabungan semua materi yang digunakan dalam proses tersebut menjadi produk akhir. Sehingga produk yang terbentuk haruslah maksimal dengan bahan dan energi yang terbatas.
3. Sintesis kimia yang tidak berbahaya
Apabila dapat dilaksanakan, metode sintetis seharusnya didesain untuk menggunakan dan menghasilkan zat yang memiliki kadar racun yang sedikit atau tidak terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.
4. Merancang produk kimia yang lebih aman
Produk kimia seharusnya didesain untuk efek fungsi yang dikehendaki dan meminimalkan toksisitas mereka pada tubuh manusia.
5. Pelarut dan zat tambahan yang aman
Penggunaan zat tambahan (misalnya, pelarut, agen pemisah, dll) harus dibuat tidak perlu bila mungkin dan tidak berbahaya bagi manusia dan lingkungan bila digunakan.
6. Desain untuk Efisiensi Energi
Energi persyaratan proses kimia harus diakui untuk dampak lingkungan dan ekonomi dan harus diminimalkan. Jika mungkin, metode sintetik harus dilakukan pada suhu kamar dan tekanan.
7. Penggunaan bahan baku Terbarukan
Bahan mentah atau bahan baku harus terbarukan daripada bahan yang tidak terbarukan dan mudah di aplikasikan secara teknis dan ekonomis.
8. Mengurangi Derivatif
Derivatisasi yang tidak perlu (penggunaan gugus fungsi, perlindungan / deproteksi, modifikasi sementara secara fisik/kimiawi) harus dikurangi atau dihindari jika mungkin, karena langkah-langkah seperti ini membutuhkan reagen tambahan dan dapat menghasilkan limbah.
9. Katalisis
Reagen katalis (harus seselektif mungkin) lebih yang lebih diutamakan untuk reagen stoikiometri.
10. Desain untuk Degradasi
Produk kimia seharusnya didesain jadi pada akhir fungsi mereka dapat terurai menjadi produk degradasi berbahaya dan tidak bertahan dalam lingkungan.
11. Real-time analisis untuk Pencegahan Polusi
Metodologi Analisis perlu dikembangkan agar memungkinkan untuk saat kondisi nyata, dalam proses pemantauan dan kontrol sebelum pembentukan zat berbahaya.
12. Keamanan Kimia untuk Pencegahan Kecelakaan
Zat dan bentuk bahan yang digunakan dalam proses kimia harus dipilih untuk meminimalkan potensi kecelakaan kimia, termasuk rilis, ledakan, dan kebakaran.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top